Jumat, 17 Maret 2017

CP4 E-Commerce Universitas Dhyana Pura

PERBEDAAN ANTARA E-COMMERCE DENGAN E-BUSINESS

Istilah e-commerce dan e-business seringkali terlihat dan digunakan untuk proses yang sama. Namun demikian, meski berhubungan, keduanya memiliki arti yang berbeda. Awalan "e" berarti "elektronik", yang berarti kegiatan atau transaksi yang digunakan tanpa pertukaran atau kontak fisik. Transaksi diadakan secara elektronik atau digital, sesuatu dibuat menjadi mungkin dengan pesatnya perkembangan informasi digital.

Pengertian E-Commerce menurut para ahli :
  • Laudon & Laudon (1998): E-Commerce adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis.
  • David Baum (1999, pp. 36-34): E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and business process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and information.
E-Commerce berarti transaksi bisnis melalui internet dimana pihak-pihak yang terlibat melakukan penjualan atau pembelian. Transaksi yang dilakukan dalam e-commerce, pada dasarnya melibatkan pengalihan (transfer) atau penyerah terimaan (handing over) kepemilikan dan hak atas produk atau jasa.

Proses yang terdapat dalam E-Commerce :
Pihak pemasar menggunakan situs, blog, atau forum tertentu untuk memperkenalkan produk yang ditawarkannya. Dalam situs, blog, atau forum tersebut terdapat fasilitas untuk melakukan pembelian secara langsung atau nomor yang dapat dihubungi untuk melakukan transaksi. Pembeli yang tertarik melakukan pembelian yang bisa melalui transfer bank, kartu kredit atau layanan lain transfer dana elektronik seperti paypal dan lain-lain.

Contoh E-Commerce :
Seluruh kegiatan jual-beli yang menggunakan internet sebagai media penghubungnya adalah kegiatan e-commerce. Untuk yang besar, anda bisa merujuk dengan semakin besarnya toko online seperti : Bhinneka, Lazada, Olx, Berniaga, Bejubel, Kaskus FJB, dll. Sekarang orang juga banyak menggunakan Facebook, Twitter bahkan Instagram untuk mempromosikan produk mereka, dan hasilnya relatif efektif untuk meningkatkan penjualan. Kegiatan e-commerce tidak hanya berupa transaksi jual-beli di toko online, melainkan juga semua transaksi keuangan dibank yang memanfaatkan internet sebagai medianya.


Pengertian E-Business :

Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Perbedaan E-Commerce dan E-Business :

Secara teknis, e-commerce hanya merupakan bagian dari e-business karena, menurut definisi, e-business adalah semua transaksi bisnis online, termasuk penjualan secara langsung kepada konsumen (e-commerce), transaksi dengan produsen dan pemasok, dan interaksi dengan mitra bisnis. Pertukaran informasi via database terpusat juga dilakukan dalam e-commerce. Fungsi-fungsi bisnis hanya terbatas pada sumber daya teknologi.
E-commerce pada prinsipnya melibatkan pertukaran uang dalam transaksi. E-business, karena lebih luas, tidak terbatas pada transaksi yang bersifat keuangan (monetary). Semua aspek dalam bisnis, seperti pemasaran, perancangan produk, manajemen pemasokan, dsb., tercakup
E-business lebih mengenai pembuatan produk besar, ide kreatif dan pemberian layanan yang bermutu, perencanaan pemasaran produk dan pelaksanaannya. Jadi, tentu saja, e-commerce merupakan bagian takterpisahkan dari proses e-business, namun dalam kerangka terbatas, e-commerce merupakan kegiatan menjual dan membeli.

Ringkasan:
  • E-Business lebih luas dalam lingkup dan e-commerce hanya merupakan satu aspek atau satu bagian dari e-business.
  • E-Commerce hanya mencakup transaksi bisnis seperti membeli dan menjual barang dan jasa melalui internet.
  • E-Commerce pada prinsipnya melibatkan perdagangan uang sedangkan dalam e-business, transaksi uang tidak diperlukan.
  • E-Business melibatkan pemasaran, perancangan produk, evaluasi layanan konsumen, dll.


Source :
 https://ediwordpressblog.wordpress.com/2016/02/22/pengertian-dan-perbedaan-e-commerce-dan-e-business/
http://www.blog.jtc-indonesia.com/2010/05/perbedaan-antara-e-commerce-dengan-e.html


Oleh :
Therecia Putri Widya Nugraha
Mahasiswi Manajemen Perhotelan
Universitas Dhyana Pura, Semester 6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar