Senin, 01 Mei 2017

CP6 E-Commerce Universitas Dhyana Pura

-Perbedaan antara Search Engine dan Website-


Search Engine
Search engine atau sering disebut juga mesin pencari adalah sistem yang ada di dalam sebuah sistem yang diolah melalui satu atau sekelompok komputer yang berfungsi untuk melakukan proses pencarian data. Data yang dihasilkan oleh mesin ini dikumpulkan oleh mereka melalui suatu metode tertentu dan diambil dari seluruh server yang dapat mereka akses. Jika dilakukan pecarian melalui search engine ini, maka pencarian yang dilakukan sebenarnya adalah pada database yang telah terkumpul didalam mesin tersebut. Biasanya mesin pencari bekerja dengan mengirimkan sebuah spider atau robot untuk mengambil dokumen sebanyak mungkin. Contoh search engine : yahoo, google, bing,altavista, dll


Website :
Website disebut juga site, situs, situs web, atau portal. Secara makna sebuah website adalah sekumpulan halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet tanpa terbatas ruang dan waktu.

Website merupakan sebuah komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara animasi sehingga menjadi media informasi yang menarik untuk dikunjungi oleh orang lain.

Sebuah situs web (sering pula disingkat menjadi situs saja; website) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau sub domain di World Wide Web (WWW) di internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi “Akar" (root), yang disebut homepage (halaman induk) bahkan menjadi “beranda", “halaman muka" atau laman web, dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Website atau situs juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink). Bersifat statis apabila isi informasi website tetap, jarang berubah, dan isi informasinya searah hanya dari pemilik website. Bersifat dinamis apabila isi informasi website selalu berubah-ubah, dan isi informasinya interaktif dua arah berasal dari pemilik serta pengguna website.



MANFAAT WEBSITE :

1. Dengan memiliki website untuk usaha, berarti usaha sudah berada selangkah lebih maju dibandingkan competitor yang belum memiliki website.
2. Meningkatkan brand/prestise perusahaan mata pelanggan dan calon pelanggan.
3. Melalui website dapat memberikan informasi secara update kepada pelanggan. Baik berupa informasi produk atau dukungan terhadap produk yang telah dibeli.
4. Website menampung produk dan informasi sebanyak-banyaknya. (Media advertising terbatas).
5. Media Advertising (koran, tabloid, brosur) hanya pancingan saja. Pembaca akan mencari informasi lebih banyak melalui website Anda.
6. Produk dan informasi akan terpublikasi ke seluruh dunia.(Media advertising hanya terbatas lokal saja).
7. Sebagai tempat penjualan (Showroom) 24 jam selain toko nyata.
8. Website adalah investasi super murah. Bandingkan dengan toko nyata yang harus sewa ruko, bayar listrik, bayar karyawan, telpon, dll.
9. Memudahkan pelanggan menghubungi, dan mendapatkan informasi produk dan jasa.
10. Mendapatkan Pelanggan Baru setelah melihat informasi yang menarik ada diwebsite.
11. Salah satu kunci utama suksesnya sebuah website adalah website yang mampu menarik sebanyak mungkin pengunjung sebagai pelanggan.

JENIS-JENIS WEBSITE :

- Website Profile
- Website Toko Online
- Website Catalog
- Website Komunitas
- Website Pendidikan
- Website Berita
- Website Personal (branding)
- Website Bisnis, dll




Oleh : Therecia Putri Widya Nugraha
Mahasiswi Universitas Dhyana Pura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar